Beberapa Istilah Pickup

Apa itu pickup? Mengapa dia dinamakan demikian? Pickup adalah sebuah transducer yang akan mengubah energi getar dawai menjadi energi listrik, untuk kemudian diteruskan melalui kabel. Dinamakan pickup karena dia bertugas mem-”pickup” (mengambil) setiap getaran dari dawai tersebut.

Transducer
Adalah alat pengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lain yang berbeda. Pickup adalah transducer, karena mengubah getaran dawai menjadi sinyal listrik. Sedangkan speaker mengubah sinyal listrik ke dalam bentuk gerakan kinetik. Jadi speaker disebut juga transducer.

Trembucker atau F-Space
Trembucker adalah sebutan yang diberikan oleh pabrikan Seymour W. Duncan untuk humbucker yang akan digunakan pada gitar dengan bridge yang menggunakan Tremolo. Karena jarak antara pole to pole yang lebih lebar dan sudah disesuaikan. Sedangkan DiMarzio menamakan model ini dengan istilah F-Spaced (spasi untuk model Floyd Rose).

Pickup aktif
Pickup aktif adalah pickup yang sudah dilengkapi sebuah pre-amp listrik di dalamnya. Pre-amp ini digunakan untuk mendapatkan gain lebih tinggi, membentuk tone, dan mengurangi impedansi output.
Dibanding yang pasif, yang aktif punya kelebihan pada respon treble yang lebih baik dengan noise yang lebih rendah. Dengan pickup jenis ini, musisi pun lebih mudah membuat tone baru. Dan bila menggunakan kabel yang panjang, dijamin tidak ada frekuensi high yang hilang. Pickup aktif ini sangat ampuh, bila dipakai untuk menghasilkan sinyal yang kuat, tetapi bebas noise untuk men-drive rack-rack multi efek.

Pickup Pasif
Berbeda dengan pickup aktif, pickup pasif tidak dilengkapi sirkuit elektronik apapun di dalamnya. Umumnya pickup gitar listrik dan akustik adalah pickup pasif. Kelebihan pickup jenis ini adalah pada kadar ‘attack’-nya yang tinggi, serta keseluruhan tonality yang bisa terjaga baik dengan tone vintage, serta dinamikanya. Apalagi pickup jenis ini tidak membutuhkan baterai untuk membuatnya berfungsi.

Kalibrasi, Set Kalibrasi
Kalibrasi pickup dilakukan bila sang musisi ingin mengeset pickup sedemikian rupa sehingga level output masing-masing pickup yang terpasang dalam sebuah gitar bisa tetap seimbang. Ini akan sangat penting bila si gitaris sering memainkan pickup selector-nya. Dalam sebuah set kalibrasi, pickup yang lebih ‘hot’ sebaiknya diposisikan di dekat bridge.

Resistansi D.C
Resistansi D.C adalah resistansi terhadap aliran arus listrik searah. Ini adalah indikator umum output dan tonality. Kian tinggi tingkat resistansi D.C, biasanya mengindikasikan adanya output yang lebih tinggi dan kemungkinan tampilnya suara yang bright pun lebih kecil.

Wiring Empat Konduktor
Pada hampir semua humbucker seperti buatan Seymour W.Duncan dan DiMarzio (kecuali beberapa model vintage), masing-masing coil memiliki ujung kawat tembaganya secara terpisah. Ini akan berguna bila ingin melakukan wiring yang bervariasi. Apakah nantinya humbucker itu akan dipasang seri, paralel, in phase, out phase, atau malah akan di coil tap. Bila Anda memilih humbucker, pilihlah yang berkabel 4, karena kita tidak tahu akan kebutuhan wiring kita esok lusa.

Hum Canceling, Humbucker
Ini adalah desain pickup Seth Lover di tahun 1955 yang terdiri dari dua kawat atau coil yang berada di luar fasa (out of phase) secara elektronik dengan polaritas magnetic yang dibuat terbalik.
Tujuan konfigurasi ini adalah untuk men-cancel hum 60 cycle dan harmonic dari frekuensi yang lebih tinggi lainnya. Seth adalah teman baik keluarga Seymour Duncan.

Impedansi
Impedansi adalah tingkat resistansi terhadap aliran arus listrik bolak-balik (alternating current). Dalam sebuah pickup pasif, tingkat impedansi bervariasi dengan frekuensi.

Milivolt

Satu milivolt setara dengan seperseribu volt (seperseribu dari satu volt). Sebuah output pickup bisa saja dinyatakan ukurannya dalam milivolt. Sebuah pickup pasif bisa punya tingkat output mulai dari 100 hingga 300 mV.

Ohm
Ohm adalah unit standar resistansi listrik. Sebuah resistansi D.C pickup biasanya diukur dalam satuan kilo ohm.

Phase
Phase(fasa) adalah hubungan dua bentuk gelombang suara berbanding dengan waktu

Out of Phase
Out of phase (diluar fasa) adalah pola hubungan (link) listrik dari dua coil atau dua pickup untuk meng-cancel sinyal secara parsial. Coba Anda bayangkan dua coil yang saling identik, salah satunya punya ground yang terbalik (polaritas listrik terbalik). Dengan wire pickup out of phase, biasanya akan meng-cancel frekuensi low. Hasilnya, suara yang keluar tipis dan terkesan rapuh.

Wiring Paralel
Wiring paralel adalah pola hubungan arus listrik dari dua coil dalam pola bersisian. Dibandingkan dengan yang berkonfigurasi seri, efek bunyi dari wiring paralel ini punya output 40 persen lebih rendah, tetapi clarity-nya lebih tinggi. Sebuah humbucker yang di-wire dalam pola paralel agaknya akan bersuara seperti sebuah single coil tanpa kehilangan kualitas hum-canceling-nya.

Polaritas
Polaritas adalah hubungan timbal-balik antara arus positif dan negatif

Pole Pieces Non Magnetik
Pole pieces bisa berarti masing-masing titik logam di permukaan bobbin sebagai penangkap getaran langsung dari dawai.
Pole pieces ada yang magnetic dan non magnetic. Non magnetic terbuat dari bahan besi belerang, serta bahan yang secara magnetis bersifat konduktif.
Pole pieces biasanya terbagi dua, yaitu yang bisa diatur dan ada yang tidak bisa diatur alias fix. Pole pieces yang bisa diatur akan lebih memungkinkan untuk mengatur masing-masing kedekatannya dengan dawai yang akan di-“pickup”-nya. Mendekatkan pole pieces ke dawai bisa menghasilkan medan yang lebih lebar. Ini nantinya akan memberikan output yang lebih tinggi, serta attack yang lebih agresif.

Pole Pieces Magnetik
Ini merujuk kepada sebuah pickup dimana axis dari magnet diarahkan langsung ke string dan pole pieces itu sendiri bertindak sebagai magnet. Ini banyak kita temukan di coil pickup single bergaya vintage, dimana magnet rod Alnico berperan sebagai pole piece.

Peak Resonan
Ini adalah frekuensi dimana impedansi dari pickup berada pada tingkat maksimal. Dari semua kategori pickup, sebuah peak resonan yang lebih tinggi daripada peak resonan lainnya biasanya akan memiliki suara yang lebih jernih dan lebih bright.

RW/RP
RW/RP merupakan kependekkan dari Reverse Wind/Reverse Polarity. Ini mengacu kepada polaritas magnetic dari sebuah pickup single coil dalam sebuah gitar yang memiliki dua atau tiga pickup. Contohnya jika pickup tengah dari sebuah gitar model Strato, maka dia adalah RW/RP. Kita akan mendapatkan hum cancellation saat menggunakan pickup itu secara simultan dengan pickup neck atau pickup bridge.
Wiring Seri
Ini adalah link listrik dua coil dalam pola serial untuk menghasilkan output lebih tinggi dan suara lebih bertenaga. Ini adalah wiring standar untuk pickup humbucking.

Splitting, Split pickup
Ini adalah dimana masing-masing coil dalam sebuah humbucker dipekerjakan secara terpisah. Dan sound yang dihasilkannya tentu saja sound single coil. Cara ini juga dikenal dengan men-’tapping’ sebuah pickup.

Stack
Adalah teknik yang telah dipatenkan oleh pabrikan Seymour W.Duncan,. Teknik ini menumpuk dua buah coil dalam sebuah pickup berpenampilan single coil. Hasilnya adalah untuk meredakan noise, tanpa mengubah tonality-nya.

Wax Potting
Ini adalah sebuah metoda dengan cara mensaturasi sebuah pickup dalam wax untuk menjaga coil dan semua bagian mekanik lainnya agar tetap rigid. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya feedback mikrofonik.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s